Senin, 18 November 2013

TIPE KEPRIBADIAN MBTI


Tipe kepribadian MBTI ditentukan oleh alat ukur berupa tes dan kecenderungan seseorang terhadap tipe kepribadian yang paling cocok dan paling besar kecenderungannya. Melalui hal itu akan terlihat bagaimana seseorang berkomunikasi, berpikir dan hubungannya dengan dunia luar.



Ada 16 tipe kepribadian MBTI. Masing-masing tipe kepribadian tersebut merupakan perpaduan dari 4 huruf, yang memiliki arti tersendiri. Klasifikasi kepribadian menunjukkan dinamika dan sistem hubungan yang kompleks dari kepribadian. Huruf pertama dan keempat menunjukkan sikap atau orientasi karena mereka harus melakukan dengan cara bagaimana seseorang berinteraksi dengan dunia. Huruf kedua dan ketiga menunjukkan fungsi mental karena hal itu merupakan dasar dari cara kerja otak. Dua huruf yang ada ditengah ini dinamakan fungsi yang berpasangan.

1.    Extroversion (E) atau Introversion (I), cenderung memiliki dunia favorit. Apakah fokus pada lingkungan luar atau diri sendiri.

2.      Sensing (S) atau Intuition (N), cara mendapatkan informasi, apakah fokus pada informasi dasar yang didapat atau menginterpretasikan dan menambahkan arti dari informasi itu.

3.      Thinking (T) atau Feeling (F) , membuat keputusan. Saat membuat keputusan apakah cenderung melihat logika dan konsistensi atau lebih mengedepankan apa yang terjadi pada masyarakat dan perasaan orang lain.

4.    Judging (J) atau Perceiving (P), kecenderungan terhadap gaya hidup. Apakah cenderung agar segala sesuatu berjalan sesuai dengan rencana atau terbuka terhadap informasi baru dan pilihan-pilihan.

Berikut ini adalah kombinasi dari keempat unsur tadi:

1. ISTJ. Pendiam, serius, menggunakan fakta, realistis dan bertanggungjawab. Memutuskan secara logis dan konsisten. Senang dengan keteraturan. Memegang kuat nilai tradisi dan loyalitas.

2. ISFJ. Pendiam, ramah, bertanggung jawab dan teliti. Peduli dengan perasaan orang lain. Berusaha keras membuat keharmonisan di lingkungan rumah dan pekerjaannya.

3. INFJ. Memiliki keinginan untuk mengerti hal-hal yang memotivasi dan menginspirasi orang. Teliti dan komit pada nilai-nilai dimana dia berada. Teratur dan tegas dalam mewujudkan cita-citanya.

4. INTJ. Memiliki pikiran yang original. Bila berkomitmen, dia akan melaksanakan pekerjaan dengan baik.

5. ISTP. Toleran dan fleksibel, cenderung menjadi pengamat sampai muncul persoalan, kemudian bertindak cepat untuk mencari solusi.

6. ISFP. Pendiam, bersahabat, sensitif dan baik. Menikmati keadaan saat ini dan apa yang terjadi pada lingkungannya. Membenci perselisihan dan konflik, tidak memaksakan opini dan nilainya pada orang lain.

7. INFP. Idealis, loyal, mudah beradaptasi, fleksibel dan mudah menerima , kecuali nilai-nilai yang bertentangan. Ingin tahu, cepat melihat kemungkinan-kemungkinan, bisa menjadi katalis untuk menjalankan cita-citanya.

8. INTP. Logis. Secara teori dan abstrak, tertarik banyak pada ide daripada interaksi sosial. Pendiam, fleksibel dan mudah beradaptasi. Ragu, kadang kritis dan selalu analitis.

9. ESTP. Fleksibel dan toleran, menggunakan pendekatan pragmatis untuk mendapatkan hasil. Fokus pada saat ini dan sekarang, spontan, menikmati setiap momen yang bisa membuatnya aktif dengan orang lain.. menikmati kenyamanan materi dan gaya. Cara belajar paling bagus adalah pengalaman.

10. ESFP. Menggunakan nalar dan pendekatan realistis. Fleksibel dan spontanitas, cepat beradaptasi dengan orang lain dan lingkungan baru. Cara belajar terbaik adalah dengan mencoba keterampilan baru dengan orang lain.

11. ENFP. Antusias yang hangat dan imajinatif. Memandang hidup dengan penuh kemungkinan. Spontan dan fleksibel, sering percaya dengan kemampuannya memperbaiki keadaan dan komunikasinya.

12. ENTP. Cepat, memiliki ide brilian, mendorong dan banyak bicara. Memiliki semangat untuk menyelesaikan masalah baru dan menantang. Menerima kemungkinan konsep dan menganalisanya. Bosan dengan rutinitas.

13. ESTJ. Praktis, realistis, menggunakan fakta. Akurat, cepat bergerak untuk melaksanakan keputusan. Peduli dengan detail rutinitas. Memilik standar logika yang jelas dan sistematis. Kuat dalam merealisasikan rencananya.

14. ESFJ. Hangat, rajin dan kooperatif. Menginginkan harmoni dalam lingkungannya, bekerja dengan batasan yang jelas. Loyal, mengikuti prosedur bahkan pada hal yang kecil.

15. ENFJ. Hangat , empati, responsi dan bertanggung jawab. Emosinya cepat terpengaruh oleh kebutuhan dan motivasi orang lain. Loyal, responsif terhadap pujian dan kritikan.

16. ENTJ. Umumnya well informed, banyak membaca, senang menambah pengetahuan dan membaginya dengan orang lain. Jujur , cepat mengambil keputusan. Lebih melihat pada rencana jangka panjang dan cara untuk mencapai tujuan.

Sumber:
Majalah Ummi, Maret-Juni 1429 H


Tidak ada komentar:

Posting Komentar